Minggu, 12 September 2010

Seni Ketangkasan Domba Garut



Sebagai sebuah kebanggaan warga Garut, banyak orang di Garut sudah mulai menciptakan moto tentang domba garut. Moto itu hadir karena domba garut bukan saja hebat di arena, tetapi juga hebat di penampilan.

"Motonya, tandang di lapang, gandang di lapang, indah dipandang serta enak dipanggang,

Berdasar dari sebuah kebanggaan atas hewan asli daerah, warga Garut jauh lebih memilih domba yang bertarung itu sebagai seni. Mereka jauh lebih menilai bahwa kegiatan tersebut merupakan ajang kontes dalam memilih bibit sebagai raja dan ratu bibit ternak domba Garut.

Domba yang dapat tampil bagus di setiap pertandingan akan mendapatkan perhatian dari para peternak dan penggemarnya. Itu membuat harga domba menjadi sangat mahal.

"Penggemar domba garut kini banyak di Sumedang, Bandung, Tasikmalaya, dan Ciamis. Mereka akan memilih yang tidak hanya bisa tanding atau tarung saja. Tapi, juga melihat kondisi fisik,

Saat semua penilaiannya bagus, tidak menutup kemungkinan penggemar domba garut mau membayar dengan harga mahal. Ada yang dapat ditebus dengan harga Rp 80 juta dengan bobot mencapai 100 kilogram. "Kalau sudah seperti itu apakah bukan jadi sebuah kebanggaan kami orang Garut. Yang punya asal muasal domba ini,

4 komentar: