Jumat, 13 Januari 2012

Pemetaan Swadaya




Merupakan proses identifikasi masalah (kebutuhan) dan potensi yang ada, khusunya di Kelurahan Margawati, Menggali informasi , kondisi nyata dari masalah – masalah yang diidentifikasi bersama kemudian mengkajinya, dilanjutkan dengan proses analisa kritis terhadap informasi dan fakta yang sudah didapatkan dan dijadikan bahan dalam perencanaan partisipatif.

Dikatakan Pemetaan swadaya, dikarenakan bahwa semua proses penggalian informasi, analisa dan perumusan masalah dilakukan oleh masyarakat, masyarakatlah yang menjadi peneliti bagi dirinya sendiri melalui diskusi – diskusi warga , “orang luar” hanyalah sebagai Fasilitator masyarakatlah yang menjadi aktor utama pembangunan, sesuai dengan prinsip pembangunan partisipatif

Oleh karena itu kegiatan Pemetaan swadaya ini selain dilakukan oleh TIPP dan POKJA, BKM UP UP dan beberapa orang relawan pun ikut serta dalam kegiatan ini, kesemuanya itu adalah warga masyarakat setempat di kelurahan dampingan PLP BK. Mengapa warga masyarakat penting untuk meneliti sendiri? Sebagai wujud tanggungjawab sosial sebagai manusia. Penghargaan terhadap manusia yang merdeka untuk menentukan nasibnya sendiri. Kesempatan untuk saling berbagi pengetahuan dan informasi. Meminimalkan bias – bias dalam penelitian, karena ‘orang luar’ dalam meneliti seringkali melihat dan mengkaji berdasarkan sudut pandangnya yang belum tentu sesuai dengan sudut pandang masyarakat.

untuk saat ini ada beberapa wialyah lingkungan RW yang sudah melakukan Pemetaan Swadaya, yang lainnya masih dalam penjadwalan (Kurang lebih 5 RW lagi). Salah satu kegiatan yang dilakukan pada Pemetaan Swadaya ini diantaranya;

ü Menggali informasi , kondisi nyata dari masalah – masalah dan potensi yang diidentifikasi bersama

ü Mengkaji, proses analisa kritis terhadap informasi dan fakta yang sudah didapatkan

ü Merumuskan masalah dan potensi , masalah dan potensi yang sudah didapat dikelompokkan dan dianalisa hubungan sebab akibatnya. Kemudian dilanjutkan dengan proses analisa kritis terhadap informasi dan fakta yang sudah didapatkan dan dijadikan bahan dalam perencanaan partisipatif.

Manfaat lain dari kegiatan Pemetaan Swadaya ini adalah;

  • Bagi masyarakat : merupakan proses belajar dan penyadaran tentang keadaan kehidupan dan lingkungan yangmereka hadapi, sehingga diharapkan tumbuh kepedulian terhadap warga sekitar dan mencari jalan keluar dari keadaan – keadaan yang dianggap mengganggu ( masalah)

· Bagi ‘orang luar’ : merupakan proses belajar dan penyadaran dalam memahami keadaan masyarakat, dan mendapatkan dukungan terhadap program yang dikembangkan.

1 komentar: