Jumat, 18 Juni 2010

Budi Daya Ternak Ikan Lele Sebagai Salah Satu Pilihan Wisata di Margawati


“Lele merupakan salah satu jenis ikan air Tawar yang relatif mudah dibudidayakan karena persyaratan-persyaratan hidupnya yang tidak terlalu sulit dan dapat dilakukan pada areal yang sempit”

Dari situlah kami tergerak hati untuk membudidayakan ternak di bidang perikanan yang sekarang ini sedang di laksanakan oleh kelompok kami yaitu budidaya ternak ikan lele. Menurut kami budidaya ternak ikan lele ini masih jarang dan pemasarannya pun tidak begitu sulit,walau pun pada saat ini ternak ikan lele tersebut kami jalankan dengan permodalan yang seadanya, tetapi kami berharap nanti kedepannya akan menjadi pusat pengembangbiakan budidaya perikanan ternak ikan lele dan menjadi salah satu pilihan tempat wisata kuliner di Margawati, harapannya roda perekonomian warga semakin meningkat dan berkembang.

Pada Bulan April kegiatan dimulai dari pembuatan kolam lele sekaligus pembenahan kolam yang sudah ada, sekarang kolam yang ada berjumlah 5 kolam. Harapan kami kedepannya lokasi kolam bertambah agar kolam pembibitan dan kolam yang siap panen terpisah. Pada bulan berikutnya kira-kira Bulan Mei tabur benih mulai dilakukan agar tiga bulan mendatang ikan lele siap panen. Saat ini kegiatan yang kami lakukan disamping pemberian pakan lele sebanyak sehari 3 kali, kamipun membuat beberapa saung bambu yang diperuntukan sebagai tempat istirahat, rencananya kami akan membuat beberapa saung bambu lagi yang bila ada pengunjung mereka bisa beristirahat di lokasi budidaya lele, sambil menikmati hidangan ikan lele, pengunjung bisa melihat pemandangan pedesaan yang asri.

Semua ini adalah wujud keinginan kelompok ternak kami untuk membantu mempertahankan keseimbangan roda perekonomian masyarakat dan serta menjadikan kampung kami sebagai salah satu pilihan untuk berwisata. “Kadang dengan sepiring hidangan dapat bercerita banyak hal tentang kehidupan masyarakat setempat; mulai dari selera, budaya, hingga semangat hidup mereka.(Penulis, Bpk. Anang anggota Budidaya Ternak Lele Margawati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar